TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar

TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar - Hallo sahabat MANCING IKAN BESAR, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cumi-cumi, Artikel Teknik Jigging, Artikel Teknik Trolling, Artikel Tips Dan Trik, Artikel Umpan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar
link : TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar

Baca juga


TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar

Cumi-cumi merupakan jenis ikan air laut yang memiliki bentuk agak aneh dari jenis ikan lainnya. Bentuk tubuh silinder dan kerucut memanjang dan warna dasar transparan disertai warna lain sesuai dengan kamuflase terhadap lingkungannya. Cumi-cumi banyak ditemukan diperairan dangkal maupun dalam. Namun kebanyakan cumi-cumi hidup diperairan dengan kedalaman � 300 meter dari permukaan.

Rasanya yang lezat menjadikan cumi-cumi banyak dicari orang. Menurut jenisnya cumi-cumi dibagi menjadi 3 jenis, yaitu cumi-cumi sotong, cumi-cumi karang, cumi-cumi blakutak. Cumi-cumi bisa mencapai ukurang 20-30 cm bahkan tidak jarang nelayang menangkap cumi-cumi yang lebih besar.


Sebelum memancing cumi-cumi, kalian harus tahu trik dan teknik mancing cumi-cumi yang benar. Seperti pemilihan umpan, spot atau lokasi mancing, waktu memancing, serta teknik mancing cumi-cumi. Mari kita bahan satu persatu.

1. Umpan Jitu Mancing Cumi-cumi

Ada 2 jenis umpan yang bisa dipakai untuk memancing cumi-cumi.

  1. Tusukan Cumi dengan umpan hidup
  2. Umpan Buatan / Capela (squid jig)

Tusukan cumi berbentuk panjang dari besi yang fungsinya untuk menacapakan umpan berupa ikan atau udang hidup dan dikunci dengan kawat atau senar agar umpan tidak gampang lepas.

Selain menggunakan tusukan cumi kalian juga bisa menggunakan umpan buatan berbentuk udang-udangan atau Capela. Menggunkaan umpan tiruan memang lebih menguntungkan. Memakai umpan tiruan memang lebih praktis dan juga lebih mudah didapat. Menggunakan umpan buatan juga dirasa lebih jitu dibandingkan menggunakan umpan hidup/livebait.


Capela bisa dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan  fungsinya. 

  1. Capela Tipe Floating (utuk memancing di perairan dangkal/pantai berkarang).
  2. Capela Tipe Shallow (untuk memancing diperairan sedang antara 5 - 8 meter).
  3. Capela Tipe Deep (utuk memancing diperairan dalam).

Dalam memilih warna umpan buatan juga sangat berpengaruh dengan keberhasilan memancing. Pada umunya pemancing lebih hoki menggunakan warna orange karena warna ini lebih terlihat cerah didalam air. Saat musim dingin atau saat hujan sebaiknya gunakan cumi buatan dengan warna biru atau hijau.


2. Spot Memancing Cumi-cumi

Spot paling tepat yaitu pinggiran pantai dengan kedalaman antara 2 - 5 meter yang terdapat banyak terumbu karang. Sedangkan untuk malam hari cari tempat yang terang seperti dermaga atau pelabuhan. Kenapa?? Karena cumi-cumi lebih meyukai tempat-tempat yang lebih terang dari daerah sekitarnya.

Bila memancing ditengah laut gunakan penerangan yang cukup dengan posisi lampu mengarah kedalam air.

3. Waktu Mancing Cumi-cumi

Umumnya cumi-cumi akan keluar dan mencari makan pada malam hari. Bila kalian memancing di pinggiran pantai antara jam 4 sore sampai 9 malam. Sedangkan di Pelabuhan atau dermaga dengan penerangan mulai jam 4 sore sampai pagi hari. Untuk memancing di tengah laut bisa mulai jam 6.30 malam sampai pagi hari asalkan penerangan tetap menyala.

Namun waktu paling tepat memancing cumi-cumi saat bulan purnama tiba. Saat itulah cumi-cumi akan keluar dari sarang dan mencari makan.


4. Teknik Mancing Cumi-cumi

>>  Teknik Casting

Teknik ini paling cocok dilakukan dikedalaman 5 - 8 meter, lempar umpan sejauh mungkin lalu biarkan umpan tenggelam sedikit kemudian tarik perlahan dan sesekali hentakan lalu lepas dan biarkan umpan tenggelam lagi lalu tarik kembali. Ulangi teknik itu sampai cumi-cumi menyambar. Capela yang cocok untuk teknik ini yaitu capela tipe shallow.

>> Teknik Trolling

Teknik trolling sebenarnya tidak jauh berbeda dengan casting. Bedanya teknik ini dilakukan di tengah laut dengan bantuan kapal kecil. Usahakan cari spot yang banyak karang dan ditumbuhi rumput laut. Capela yang cocok yaitu Capela tipe floating agar tidak mudah tersangkut karang.

>> Teknik Jigging

Tenik ini sangat cocok untuk memancing diperairan yang dalam. Caranya tarik pelan-pelan keatas dan kebawah dan sesekali diamkan sebentar  lalu tarik kembali keatas dan kebawah. Gerakan ini sebenarnya meniru gerakan udang saat berenang di air. Kalian bisa menggunakan capela tipe deep pada teknik ini.

Cukup sampai disini yang bisa mimin jelaskan. Semoga bisa bermanfaat.



Demikianlah Artikel TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar

Sekian Kunci gitar TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingiklanbesar.blogspot.com/2017/05/tips-cara-mancing-cumi-cumi-paling.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "TIPS - Cara Mancing Cumi-Cumi Paling Ampuh Dan Jitu- cara mancing ikan yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel