TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar

TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar - Hallo sahabat MANCING IKAN BESAR, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ikan Koi, Artikel Tips Dan Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar
link : TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar

Baca juga


TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar

Cara Memelihara Ikan Koi Supaya Cepat Besar - Siapa yang tidak ingin ikan koi peliharaannya cepat tumbuh besar. Ikan koi dewasa memang punya daya tarik sendiri, warnanya yang cantik akan menyejukan mata buat yang melihatnya. Hal paling utama yang harus kalian perhatikan ialah makanannya.

Pakan yang diberikan harus berkualitas memenuhi semua kebutuhan gizi ikan koi, sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan agar cepat besar. Pada dasarnya ikan koi memiliki sifat omnivora, sehingga suka serangga kecil, sayuran serta buah-buahan.


Jenis Makanan Ikan Koi

Berdasarkan jenisnya pakan ikan koi dibagi menjadi 2 yakni alami dan buatan. Adapun pakan alami yang bisa diberikan seperti Cacing dan Udang yang sangat disukai ikan koi. Selain itu koi juga menyukai Ulat, kandungan Protein pada ulat sangat baik untuk pertumbuhannya.

Sedangkan untuk jenis buah-buahan kalain bisa memberikan semangka dan Jeruk. Selain itu sayuran juga penting untuk ikan koi, kandungan vitamin yang ada sangat diperlukan untuk memenuhi gizi ikan tersebut.

Kalian harus membiasakan memberi makan sayuran dan buah meski awalnya tidak mau makan karena belum terbisa. Hindari pakan jenis biji-bijian karena percernaan ikan koi tidak bagus. Hindari juga pakan yang busuk dan layu.

Kandungan Gizi yang diperlukan Ikan Koi

1. Protein

Protein merupakan zat atau senyawa yang sangat penting untuk pertumbuhan ikan koi. Protein juga berfungsi memperbaik sel yang rusak serta mendorong kualitas sperma dan telur.

2. Lemak

Lemak berfungsi menyelimuti dinding sel secara keseluruhan. Lemak mempunyai titik lebur yang rendah sehingga mudah dicerna ikan koi. Lemak alami bisa didapat pada ikan, gandum serta kedelai. Namun sangat tidak disarankan memberikan makanan basi karena lemak akan tersimpan di hati dan bisa menyebabkan ikan koi sakit bahkan mati.

3. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi untuk metabolisme tubuh ikan koi. Namun tidak boleh berlebihan sebab kemampuan untuk menyimpan zat yang lain akan menurun.

4. Vitamin

Vitamin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu vitamin berperan penting meningkatkan kualitas sperma saat pemijahan.

Pakan Ikan Koi Racikan Sendiri

Agar kebutuhan gizi ikan koi benar-benar terpenuhi kalian bisa membuat racikan sendiri. Makanan tersebut bisa dibuat dari bahan-bahan alami yang masih segar.

Bahan-bahan :
  • Udang
  • Telur
  • Bawang Putih
  • Agar agar
  • Vitamin C
  • Air secukupnya.
Cara Pembuatan :

1. Siapkan wadah plastik lalu masukan udang (buang kepala dan kulit udang terlebih dahulu) lalu campur telur, agar agar dan vitamin C.

2. Kemudian uleni dan aduk adonan hingga tercampur rata. Bisa juga blender adonan agar benar-benar menyatu.

3. Setelah adonan jadi dinginkan adonan hingga mengeras.

4. Potong kecil-kecil pakan sesuai ujuran mulut ikan koi agar mudah dimakan.

Tips dan Cara Memberi Makan Ikan Koi


1. Jangan memberi pakan terlalu banyak, hal ini sangat penting. Pemberian pakan yang terlalu banyak dan sisa makanan akan mengendap dan mengotori kolam.

2. Sisa makanan yang busuk malah akan menimbulkan sumber penyakit yang akan membahayakan ikan koi.

3. Awasi ikan koi saat makan, ikan koi akan terus makan sampai berlebihan. Hal tersebut sangat berbahaya dan akan cepat mati karena kekenyangan.

4. Jumlah pemberian pakan yang benar adalah 5 % dari berat tubuh ikan koi kecil. Dan 2 % untuk ikan koi dewasa.

5. Berikan pakan sedikit demi sedikit agar langsung habis dan lebih terkontrol.

6. Jika ingin mengganti pakan koi, lakukan secara bertahap dan tetap diselingi pakan lama. Jika perubahan pakan terlalu drastis ikan koi akan sulit beradaptasi.

7. Usahakan kandungan gizi pada pakan lengkap yang meliputi karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.


Jadwal Pemberian Pakan Ikan Koi

Saat memberikan makan ikan koi kalian harus memperhatikan cuaca. Perbedaan suhu dan cuaca juga akan mempengaruhi kebutuhan gizi ikan koi. Jika suhu lebih rendah maka pemberian makan juga harus dikurangi.

Berikut ini penjelasan Pemberian Pakan berdasarkan Suhu/Cuaca  :

1. Suhu Antara 22 sampai 26 derajat celcius

Pakan suhu ini berikan 3 sampai 4 kali setiap harinya. Makanan tersebut tetap harus mengandung gizi yang lengkap untuk menunjang pertumbuhan.

2. Suhu Antara 18 sampai 22 derajat celcius

Bila suhu menurun antara 18 - 22 derajat berikan makan cukup 1 - 2 kali saja sehari dengan kandungan protein 40 %.

3. Suhu dibawah 16 derajat celcius

Jika suhu air menurun drastis dan dibawah 16 derajat celcius. Cukup berikan 1 kali makanan dalam satu hari. Atau berikan makan saat ikan koi lapar saja. Untuk kandungan protein cukup 25 % dikombinasikan dengan karbohidrat. 


Demikianlah Artikel TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar

Sekian Kunci gitar TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingiklanbesar.blogspot.com/2018/04/tips-makanan-ikan-koi-agar-cepat-besar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "TIPS - Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Selain Pelet- cara mancing ikan yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel