TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar

TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar - Hallo sahabat MANCING IKAN BESAR, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aquarium, Artikel Ikan Hias, Artikel Tips Dan Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar
link : TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar

Baca juga


TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar

Cara Membuat Aquarium Sendiri | Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - Memlihara ikan hias memang sudah menjadi trend dan hobi di masyarakat. Rasa kepuasan serta ketenangan hati saat melihat ikan-ikan hias yang cantik berenang menjadikan seseorang ingin memeliharanya. Selain itu suara gemericik air dari aquarium yang ditimbulkan juga menjadikan suasana hati jadi tenang.

Selain hobi memelihara ikan hias, kalian juga bisa membuat aquarium untuk dijadikan penghasilan tambahan maupun pokok. Tak tanggung tanggung banyak pebisnis ikan hias yang merauk untung hingga jutaan rupiah perbulan. Sebenarnya tidak susah untuk memelihara ikan hias hanya bermodal aquarium dan kesabaran serta keuletan dalam merawat ikan.


Namun harga aquarium tergolong tidak murah. Untuk ukuran 30x20  saja dibandrol kisaran Rp. 100.000,-. Untuk itu kali ini mimin akan share cara membuat aquarium sendiri dengan mudah. Bagi seorang pemula yang belum pernah membuat aquarium pasti beranggapan susah. Padahal membuat aquarium tergolong gampang asalkan kita tahu cara dan triknya.

Dengan membuat aquarium sendiri tentunya akan lebih menghemat biaya, selain itu bentuknya bisa disesuaikan keinginan kita.

Ok langsung saja kita siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan :

  1. Kaca ( tingkat ketebalan kaca disesuaikan dengan selera kalian)
  2. Pisau Cutter
  3. Lem Silikon
  4. Alat Tembak Lem
  5. Alat Pemotong Kaca
  6. Minyak Tanah
  7. Lakban
  8. Mistar atau Penggaris 
  9. Spidol Warna
  10. Stiker Background Aquarium 
  11. Tanaman Plastik / Hiasan Aquarium
  12. Skimer / Penyaring Air Elektronik
  13. Lampu Hias

Alat Tembak Lem 

Alat Pemotong Kaca

Bahan-bahan diatas sangat mudah didapat dan banyak sekali dipasaran. Setelah bahan-bahan diatas terpenuhi waktunya mulai membuat aquarium. Ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.

Berikut langkah-langkah cara membuat aquarium :

1. Tentukan ukuran dan bentuk aquarium yang kalian inginkan. 

Pada umumnya aquarium berbentuk persegi, persegi panjang, segi enam, segi delapan, tabung dan trapesium. Untuk ukurannya bisa kalian sesuaikan sendiri, misalnya 50 x 30 cm, 120 x 50.


2. Memotong Kaca

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memotong kaca :

a. Letakkan kaca pada permukaann yang rata seperti meja kayu.

b. Kondisi meja kayu harus rata dan bersih. Hal ini dimaksudkan agar saat memotong kaca bisa lurus dan menghindari pecah kaca.

c. Tentukan ukuran dan pola pada kaca sebelum mulai memotong. Buat pola dengan spidol dan penggaris sesuai ukuran yang diinginkan.

d. Rendam pemotong kaca kedalam minyak tanah. Fungsinya menghindari panas pada gesekan saat memotong kaca yang dapat menyebabkan pecah.

e. Potong kaca sesuai ukuran atau pola yang sudah ditentukan.

f. Goreskan pemotong ke kaca secara berulang kira-kira sampai setengah dari ketebalan kaca, setelah itu ketok dengan tangan dan kaca akan terbelah.

g. Pisahkan dan kumpulkan potongan kaca tersebut.


3. Menghaluskan Kaca

Setelah kaca terpotong amplas pinggiran kaca dengan amplas khusus agar permukaan pinggir tidak tajam dan rapi.

4. Tempelkan lakban ke pinggir kaca yang digunakan menjadi alas aquarium

Lakban berfungsi sebagai perekat sementara dengan kaca kaca dibagian atas. Selain itu lakban juga menjaga posisi kaca agar tidak bergeser.


5. Lem pinggir kaca dengan lem

Gunakan alat tembak lem agar mempermudah saat proses pengeleman. Oleskan lem secukupnya dibagian pinggir kaca.




6. Susun Kaca sesuai bentuk yang sudah ditentukan

a. Tempelkan kaca / dinding aquarium denganlakban,  kemudian oleskan lem ke kaca.

b. Ulangi hal yang sama pada sisi yang lainnya. Sampai terbentuk aquarium yang diinginkan.

c. Tambahkan lem pada sudut-sudut kaca agar menempel lebih kuat.

d. Setelah semua sudut dilem, lakban bagian sisi kaca agar kuat dan tidak jatuh sampai lem benar-benar kering.

e. Setelah lem benar-benar kering buang lakban serta sisa lem yang menempel dipinggir kaca.


7. Cek kondisi aquarium

Setelah selesai cek kondisi aquarium bocor atau tidak dengan memasukkan air kedalam aquarium. Bila masih bocor lem kembali bagian tersebut. Kemudian bersihkan kaca dari kotoran yang masih menempel menggunakan sabun.

8. Pasang Stiker background aquarium

Pasang stiker aquarium pada dalah satu sisi samping. Anda juga bisa langsung meletakan kerang, batu, tanaman plastik dan hiasan lainnya.


9. Letakan Skimer atau Penyaring air elektronik serta Lampu hias

Anda bisa meletakkan skimer di bagian pojok aquarium. Pasang juga lampu hias di bagian atas aquarium untuk mempercantik penampilan.

10. Selesai

Aquarium sudah jadi dan anda boleh mengisi dengan ikan hias pilihan anda. Tapi perlu diingat isi ikan sesuai kapasitas aquarium.


Demikianlah Artikel TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar

Sekian Kunci gitar TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan Chord gitar lagu kali ini.

Anda sedang membaca artikel TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar dan artikel ini url permalinknya adalah https://mancingiklanbesar.blogspot.com/2017/07/tips-cara-membuat-aquarium-sendiri.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "TIPS - Cara Membuat Aquarium Sendiri: Panduan Praktis Dan Mudah Membuat Aquarium - cara mancing ikan yang benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel